Kesehatan

Komitmen WLF di bidang kesehatan dipusatkan pada gizi ibu dan anak usia dini, khususnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Seribu hari pertama atau masa emas sangat mempengaruhi kemampuan anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai usia dan potensinya. Periode dihitung dari usia janin sampai usia 2 tahun. Asupan nutrisi yang cukup bagi ibu hamil, menyusui, dan pola asuh responsif menjadi hal yang penting dalam periode ini. Kurangnya asupan gizi dapat menyebabkan keterlambatan tumbuh kembang anak dan berpotensi terjadinya gizi buruk.

WLF akan menerapkan pendekatan yang sama, yaitu: (1) penguatan kapasitas tenaga kesehatan, khususnya kader Posyandu; (2) membangun relasi/jaringan dan keterkaitan antar pemangku kepentingan melalui pemanfaatan forum dengan memanfaatkan platform yang ada seperti Kelompok Kerja Stunting (Pokja) Posyandu, dan; (3) mengadvokasi pemerintah untuk memperkuat kerangka kebijakan terkait gizi ibu dan anak.

Program yang dilaksanakan oleh WLF bersama dengan mitra pelaksana diharapkan dapat berkontribusi pada pencapaian SDG ke-2, yaitu mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan gizi, serta mendorong pertanian berkelanjutan.