Bursa Kerja (Job Fair) SMK Pariwisata 2022 di Sumba Barat Daya

Bursa Kerja SMK Pariwisata 2022 dilaksanakan di Aula SMK Pancasila Tambolaka pada 9-10 Juni 2022; merupakan Bursa Kerja (Job Fair) yang pertama kali diadakan di Sumba. Sebelumnya, belum pernah ada pelaksanaan bursa kerja di wilayah ini.

Kegiatan ini melibatkan 95 guru SMK yang turut berkolaborasi dalam pelaksanaan Bursa Kerja. Para alumni SMK yang mengikuti Bursa Kerja SMK 2022 sebanyak 227 orang dari SMK Sumba Barat dan Sumba Barat Daya selama 2 (dua) hari kegiatan. Dunia Usaha dan Dunia Industri yang berpartisipasi  dalam Bursa Kerja SMK 2022 sebanyak 19 entitas dari Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Timur, Solo, Bali dan Kupang.

Bursa Kerja SMK Pariwisata diikuti oleh para alumi SMK khususnya tamatan tahun 2020, 2021 dan 2022 semua jurusan yang berasal dari SMK Pancasila Tambolaka, SMKN 2 Kota Tambolaka  (SMK Pariwisata dampingan DESMA Center), SMKN 1 Kota Tambolaka, SMK Bakti Luhur Tambolaka, SMK Kasimo Tambolaka, SMK Efata Ombarade, SMK Don Bosco Tambolaka, SMK Kesehatan Bakti Sumba, SMKN 1 Waikabubak, SMKN 2 Lamboya dari Sumba Barat.

Dunia Usaha dan Dunia Industri yang ikut serta dalam kegiatan Bursa Kerja antara lain:  Bali Dynasty Resort Kuta Bali, Mawatu Labuan Bajo, New Sasando International Hotel Kupang, Morika Inn Waikabubak. Sumba Hospitality Foundation, DPP PHRI Provinsi Nusa Tenggara Timur, DPP IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Assosiation) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ne’ Neru Loko Waroeng & Koffie Waikabubak, BLK Don Bosko Budi Daya Sumba Tambolaka, PT. Flobamora Makmur Indonesia – Solo, PT. Multitama Indraprasta Prima – Yogyakarta, Kawona Beach Club Tambolaka, JF Course Tambolaka, STKIP Weetebula, STIMIKOM Stelamaris Sumba Tambolaka, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba Waingapu, Sirkey Café & Resto Tambolaka, PT. Pegadaian Weetebula, NAM Air Tambolaka dan Rumah BUMN Sumba Barat Daya.

Pelaksanaan Bursa Kerja SMK 2022 dilaksanakan selama 2 (dua) hari diawali kegiatan workshop pada hari pertama, Kamis 09 Juni 2022. Peserta mengikuti Workshop persiapan mengikuti Bursa Kerja SMK Pariwisata 2022. Tim Sumba Hospitality Foundation, Operasional Manager New Sasando International Hotel Kupang, HR Manager Bali Dynasty Resort memberikan pelatihan pada workshop tersebut. Workshop terdiri dari beberapa sesi antara lain: Tips penyusunan surat lamaran dan Curiculum Vitae yang baik dan benar; Teknik menggunakan Aplikasi Canva, teknik menghadapi wawancara kerja serta grooming yang baik. Pada kesempatan tersebut, Direktur PT. Multitama Indraprasta Prima Yogyakarta, Bapak Harry Lesto Hadi, M.S.I.E., juga memberikan materi motivasi kepada para alumni SMK untuk mengikuti Bursa Kerja SMK 2022.

Pada hari kedua pelaksanaan, Jumat 10 Juni 2022, Bursa Kerja SMK 2022 dibuka oleh Bupati Sumba Barat Daya, dr. Kornelis Kodi Mete. Acara pembukaan Bursa Kerja SMK 2022 juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumba Barat Daya, Perwakilan WLF, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumba Barat Daya, Korwas SMA/SMK/PLB Kab. SBD – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (secara daring), Kepala SMK Efata Ombarade, Kepala SMKN 2 Kota Tambolaka dan perwakilan dari SMK lainnya di Sumba.

Kegiatan diawali dengan laporan pelaksana kegiatan Bursa Kerja SMK 2022 yang disampaikan oleh Project Manager Sumba DESMA Center, Boyke Hutapea. Kemudian sambutan dari perwakilan WLF, Ibu Mariska Estelita (Communication Lead);dilanjutkan sambutan dari Plt. Kepala Dinas P&K Provinsi NTT, Ibu Henderina Laiskodat. Kemudian Bupati Sumba Barat Daya memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, Bupati Sumba Barat Daya berpesan agar Bursa Kerja SMK dapat dilakukan pada tahun-tahun mendatang, bila perlu dilaksanakan setiap tahun; karena momentum seperti ini merupakan ajang bagi para alumni SMK untuk mendapatkan peluang kerja dan sebagai motivasi bagi siswa SMK kelas XII untuk belajar lebih baik untuk meningkatkan kompetensi mereka. Bupati Sumba Barat Daya kemudian melakukan peninjauan booth peserta dari Dunia Usaha dan Dunia Industri yang hadir pada kegiatan Bursa Kerja SMK 2022; dilanjutkan sesi wawancara oleh seluruh media.

Diharapkan melalui Bursa Kerja SMK 2022 yang baru pertama kali diadakan di Pulau Sumba ini, Dunia Usaha dan Dunia Industri di Pulau Sumba dan dari luar Pulau Sumba dapat memanfaatkan Bursa Kerja SMK Pariwisata 2022 untuk memperoleh calon tenaga kerja sesuai kompetensi dan kebutuhan, Sebagai wadah mempertemukan tamatan SMK secara langsung sehingga mempermudah proses perekrutan dan penempatan, membangun citra sekolah di dunia industri dan masyarakat, menjadi wadah bagi tamatan SMK yang mencari pekerjaan dan/atau berwirausaha untuk mengurangi angka pengangguran, serta sebagai media bagi pihak sekolah untuk menjalin relasi jangka panjang dengan pihak industri.

Seluruh pihak yang terlibat mengapresiasi pelaksanaan Bursa Kerja SMK 2022 serta mengharapkan agar dapat dilakukan pada tahun-tahun mendatang.

Bursa Kerja SMK Pariwisata 2022 ini dilaksanakan oleh DESMA Center bersama tim guru dan siswa-siswi kelas X & XI jurusan Usaha Layanan Pariwisata (ULP) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Pancasila Tambolaka. Pelaksanaan Bursa Kerja adalah bagian program “Penguatan Ekosistem TVET Pariwisata di Sumba Barat Daya” yang diimplementasi oleh DESMA Center. Penerima manfaat langsung adalah SMKS Pancasila Tambolaka dan SMKN 2 Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya. Program berlangsung selama 2 (dua) tahun, Agustus 2020 hingga Juli 2022 bekerja sama dengan Dinas P&K Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya dengan dukungan William & Lily Foundation.